Rabu, 18 Mei 2016

Resep Cara Memasak Gulai Tongkol

Resep Cara Memasak Gulai Tongkol - Terkecuali digoreng, ikan tongkol lebih popular lewat cara dimasak memakai bumbu gulai. Kombinasi daging ikan yang condong telah berasa gurih ditambah dengan santan, semakin mantap deh rasa-rasanya. Terlebih bila dimasak dengan penambahan bumbu rempah, bikin masakan wangi semriwing menggugah selera. Pada intinya, pemakaian bumbu rempah tak terbatas pd gulai saja, serta sesungguhnya tanpa ada bumbu rempah juga gulai tongkol telah enak. Bumbu rempah paling banyak memengaruhi pada aroma masakan, bikin masakan jadi wangi hingga saat tercium aromanya bisa bikin perut keroncongan. Sesaat untuk permasalahan rasa, bumbu rempah sedikit punya pengaruh.

cara masak gulai ikan tongkol,cara memasak gulai ayam,resep masakan gulai ikan tongkol,resep membuat gulai ikan tongkol,cara masak ikan tongkol asam pedas,cara masak ikan tongkol sambal,

Kesempatan ini, kita bakal coba melakukan eksperimen memakai bumbu rempah pada resep gulai ikan tongkol. Bila umumnya bumbu seperti ini diterapkan pada gulai kambing, jadi pastinya tidak bakal kalah enak bila diterapkan pada ikan tongkol. Yuk melakukan eksperimen. Bumbu rempah terdapat beberapa jenisnya, tetapi yang paling umum dipakai di negara kita yaitu lada,kayu manis, ketumbar,kembang lawang, kapulaga, jintan, cengkeh, adas manis, pala serta ada banyak lagi. Yang seringkali dipakai umumnya lada, ketumbar, kayu manis, pala, cengkeh serta kembang lawang.

Untuk cara memasak gulai tongkol bumbu rempah, kita bakal memakai sebagian bumbu rempah saja. Itu juga telah cukup untuk bikin masakan wangi serta mempunyai aroma yang kuat hingga kita dapat makan dengan lahap. Tersebut beberapa bahan serta bumbu yang kita butuhkan untuk bikin gulai tongkol bumbu rempah.

Bahan Resep Resep Cara Memasak Gulai Tongkol

400 ml santan encer
500 gr ikan tongkol
400 ml santan kental
2 lbr daun jeruk
2 btg serai, memarkan
gula pasir secukupnya
1 bh jeruk nipis, ambil perasannya
garam secukupnya

Bumbu Halus Dalam Resep Cara Memasak Gulai Tongkol

6 siung bawang putih
4 bh cabe merah
4 siung bawang merah
4 butir kemiri
2 cm jahe
2 cm lengkuas
2 cm kunyit
1 sdt ketumbar
1/2 sdt lada

Bumbu Rempah : Ulek Kasar Dalam Resep Cara Memasak Gulai Tongkol

2 btr kapulaga
3 cm kayu manis
1/4 btr pala
2 btr cengkeh
1 btr kembang lawang

Resep Cara Memasak Gulai Tongkol

  • Potong serta bersihkn ikan tongkol, berikan garam serta air perasan jeruk nipis, lalu sisihkan.
  • Panasi minyak goreng, tumis bumbu halus berbarengan dengan bumbu rempah.
  • Masukan serai serta daun jeruk, tumis lg sebentar sampai keluarkan aroma harum.
  • Masukan ikan tongkol, memasak nya sampai beralih warna/1/2 masak.
  • Tuang santan encer, berikan garam serta gula seperlunya sesuai sama selera.
  • Masak sampai ikan tongkol masak serta lunak dan santan menyusut.
  • Paling akhir, masukan santan kntal, masak sebentar sampai kuah mendidih lagi sembari selalu diaduk supaya santan tak pecah.
  • Angkat serta hidangkan.

cara masak gulai ikan tongkol,cara memasak gulai ayam,resep masakan gulai ikan tongkol,resep membuat gulai ikan tongkol,cara masak ikan tongkol asam pedas,cara masak ikan tongkol sambal,

Masakan yang memakai bumbu rempah mempunyai aroma yang kuat dan menggugah selera. Tidak heran, masakan-masakan yang memakai bumbu ini seperti masakan khas Padang senantiasa ramai di kunjungi penikmatnya. Dahulu saya sendiri kerap beli jadi serta taunya tingal makan saja. Tetapi sesudah tahu resep cara memasak gulai tongkol ini dan cara bikin masakan dengn bumbu rempah, saya lebih tertarik untuk membuatnya sendiri dirumah. Terkecuali ekonomis ada juga tantangan sendiri dengan bahan yang bermacam dari mulai ikan, daging sampai jeroan. Mudah-mudahan berguna ya!

Sumber : Resep Cara Memasak Gulai Tongkol Spesial

Resep Cara Memasak Gulai Tongkol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown